Home » Blog » Pendidikan Pembentuk Karakter Bangsa
     

Pendidikan Pembentuk Karakter Bangsa

karakter

Pada halaman “http://www.eduartcl.com/kalimat-bijak/” kami sajikan tulisan sebagai kalimat bijak : “Keberhasilan pendidikan utamanya nampak pada karakter dan kesejahteraan masyarakatnya, jika karakter dan kesejahteraan masyarakatnya adalah buruk maka berarti banyak yang harus diperbaiki pada elemen-elemen pendidikan.”

Menyaksikan fenomena kehidupan saat ini nampak sekali bahwa orientasinya adalah lebih cenderung mengagungkan materi belaka tanpa banyak mempertimbangkan tanggung jawab, harga diri dan masa depan generasi berikutnya. Mentalitas dan moralitas dari berbagai lapisan masyarakat mempunyai kecenderungan menurun. Berita yang disajikan oleh banyak mass media menggambarkan kondisi tersebut, bagaimana tidak seorang yang mempunyai posisi terhormat berupaya dengan segala cara untuk mendapatkan materi sebanyak-banyaknya walaupun dengan cara yang tidak benar. Begitu pula banyak wanita-wanita yang kelihatan cantik, muda dan terhormat dengan mudahnya tergoda oeh materi yang tidak jelas asal muasalnya.

Padahal orang-orang yang menjadikan materi dan kepentingan dunia sebagai sudut pandangnya, maka hanya akan menyebabkan kehinaan dan kehancuran. Sejarah sudah membuktikan secara imperik, fakta-fakta kehancuran bagi siapa saja, yang kehidupannya berorientasi hanya pada materi dan kepentingan dunia.

Bila fenomena di atas terjadi secara umum dan terjadi disemua lapisan serta seringkali terjadi maka akhirnya menjadi karakter bangsa yang berarti nilai-nilai pada bangsa tersebut adalah rendah.

Suatu nilai apabila sudah membudaya didalam diri seseorang, maka nilai itu akan dijadikan sebagai pedoman atau petunjuk di dalam bertingkahlaku. Hal ini dapat dilihat dalam kehidupan sehari – hari, misalnya budaya gotong royong, budaya malas, dan lain – lain. Jadi, secara universal, nilai itu merupakan pendorong bagi seseorang dalam mencapai tujuan tertentu.

Jadi dapat disimpulkan bahwa nilai budaya adalah suatu bentuk konsepsi umum yang dijadikan pedoman dan petunjuk di dalam bertingkah laku baik secara individual, kelompok atau masyarakat secara keseluruhan tentang baik buruk, benar salah, patut atau tidak patut.

Harus dilakukan perubahan menuju ke arah yang lebih baik yaitu menempatkan kembali sistem dan praktek pendidikan kepada rel yang benar sebagaimana yang di cita-citakan oleh para pendiri bangsa yang tertuang di dalam Undang-undang Dasar.

“Dalam konteks undang-undang ini sesungguhnya yang pertama kali dari pendidikan adalah terbentuknya watak serta peradaban bangsa indonesia. Nah dalam konteks ini sesungguhnya pertama kali di wujudkan melalui pendidikan ini adalah bagaimana membentuk watak, pembentukan karakter, membentuk prilaku dulu yang sesuai dengan nilai-nilai Indonesia,”

%d bloggers like this: